• LATEST
    • A PHP Error was encountered

      Severity: Notice

      Message: Undefined variable: latest

      Filename: views/_header.php

      Line Number: 48

      A PHP Error was encountered

      Severity: Warning

      Message: Invalid argument supplied for foreach()

      Filename: views/_header.php

      Line Number: 48


Manfaat Alat Perekam Dari Bakteri

Cara kerja alat perekam biologis ini yakni sinyal-sinyal biologis memicu produksi DNA intra-sel yang direkam oleh sistem adaptasi CRISPR-Cas. Technology Networks

Kemampuan teknologi merekam dan memetakan sinyal-sinyal dan pengaturan biologis setiap waktu selama ini masih terbatas. Kini Profesor Harris H. Wang dan sejumlah peneliti lain—Ravi U. Sheth, Sung Sun Yim, dan Felix L. Wu di laboratorium Columbia University Medical Center  (CUMC), Amerika Serikat, menemukan cara menyimpan data secara langsung sinyal dan program pengaturan biologis tersebut ke dalam genome-genome satu populasi sel (biological tape recorder). Hasil riset ini dirilis oleh jurnal Science edisi 23 November 2017 (Ravi U. Sheth, et al, 2017).

Cara kerja alat perekam biologis ini yakni sinyal-sinyal biologis memicu produksi DNA intra-sel yang direkam oleh sistem adaptasi CRISPR-Cas. Cara ini menghasilkan pemantauan dan perekaman perubahan biologis dan data tiga metabolit (copper, trehalose, fucose) lingkungan populasi sel secara simultan selama beberapa waktu dan beberapa hari melalui susunan CRISPR (Jasmin Malik Chua/Live Science, 30/11/2017)

Metabolit (metabolites) merupakan perantara dan produk metabolisme (molekul-molekul kecil) yang berfungsi untuk pembakaran, struktur, sinyal, simulasi dan efek inhibitori dalam enzim, kegiatan katalis, pertahanan, dan interaksi dengan organisma lainnya seperti pigmen, odoran, dan pheromone.

Cara ini memungkinkan pengukuran perubahan data sel sesewaktu dan perubahan-perubahan lingkungannya. Cara ini juga dapat diterapkan untuk perekaman dan pantauan kronologi peristiwa-peristiwa biologis skala besar. Aplikasi lain dari cara ini termasuk pemantauan lingkungan dan riset dasar di bidang ekologi dan mikrobiologi. Karena bakteri dapat memantau perubahan-perubahan biologis yang tidak kelihatan tanpa mengganggu lingkungan sekitarnya (Mark Prigg/Daily Mail, 2017)

Menurut Wang, sistem CRISPR-Cas merupakan cepis memori biologis alamiah. RNA menyimpan urutan pengatur jarak agar protein Cas mengenali dan memotong fag-fag DNA yang masuk (eksogen). Peneliti Ravi Sheth, Wang dan peneliti lainnya memodifikasi sepotong DNA (plasmid) agar menciptakan lebih banyak duplikatnya pada sel bakteri ketika merespons sinyal dari luar atau sinyal asing. Penelitian ini didanai oleh Department of Defense, Office of Naval Research National Institutes of Health dan  Sloan Foundation di Amerika Serikat. 

Servas Pandur