• LATEST
    • A PHP Error was encountered

      Severity: Notice

      Message: Undefined variable: latest

      Filename: views/_header.php

      Line Number: 48

      A PHP Error was encountered

      Severity: Warning

      Message: Invalid argument supplied for foreach()

      Filename: views/_header.php

      Line Number: 48


Manfaat Yoga Bagi Pasien Kanker Payudara

       Banyak manfaat dari meditasi atau yoga yakni kebiasaan mengarahkan pikiran atau memulihkan arah pikiran pada titik tertentu (Matthew Thorpe/EcoWatch, 2017). Misalnya, yoga membantu relaksasi dan kendali stres, membantu pasien kanker melakukan kegiatan sehari-hari dan rutin, dan meningkatkan kualitas hidup pasien kanker. Begitu hasil riset Özlem Ülger dan Naciye Vardar Yagli tentang manfaat yoga bagi pasien kanker payudara tahun 2010 (Elsevier, 2010; Science Direct, 2010).

       Manfaat yoga tercermin pada kepuasan 30-50 pasien kanker payudara yang mengikuti 8 sesi program yoga latihan latihan pemanasan dan pernapasan, asana, relaksasi posisi telentang, dan meditasi. Kualitas penilaian hidup pra-dan pasca-yoga untuk pasien dilakukan dengan menggunakan Profil Kesehatan Nottingham (NHP). Tingkat stres pasien dihitung dari persediaan kecemasan STAI-I dan STAI-II. Tingkat kepuasan program yoga dievaluasi dengan menggunakan skala analog visual (VAS).

      Ditemukan bahwa kualitas hidup pasien setelah program yoga lebih baik daripada skor yang diperoleh sebelum program yoga (p <0,05). Setelah sesi berlangsung, terjadi penurunan nilai STAI-I (mengukur reaksi kecemasan) secara signifikan dan skor STAI-II (mengukur keabadian kecemasan) (p <0,05). Ditemukan bahwa skor kepuasan mengenai program yoga sangat meningkat setelah program yoga (p <0,05). Hasil riset ini memperkuat penelitian H.S.Vadiraja et al (2009) dan Naciye Vardar Yagli et al (Science Direct, 2015). (Matthew Thorpe, 2017; Alsevier, 2010; Science Direct, 2010; Naciye Vardar Yagli et al, 2015/SP).

        
 

 

Oleh Servas Pandur

Penerbit


ECO-DEMOKRASI

Demokrasi yang terpimpin oleh hikmat kebijaksanaan dapat mengelola alam-alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa secara arif untuk kesejahteraan Rakyat dan sehat lestarinya ekosistem Negara, kecerdasan Bangsa, perlindungan segenap Bangsa dan seluruh tumpah darah dan ketertiban dunia berdasarkan keadilan, kemerdekaan, dan perdamaian. Rakyat tidak hanya berpartisipasi dalam Pemilu, tetapi juga berpartisipasi dalam antisipasi krisis dan tantangan masa datang. Dalam hal ini, upaya-upaya membangun Negara adalah setiap keputusan dan program kerja yang berkaitan dengan sesuatu yang benyawa yakni Rakyat, bumi, air, dan kekayaan alam. Maka sehat atau tidaknya suatu praktek demokrasi dapat diukur dari jejak-ekologisnya (ecological footprint) pada ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. ... Baca selanjutnya

img

Jurnal IPTEK

Berita