• LATEST
    • A PHP Error was encountered

      Severity: Notice

      Message: Undefined variable: latest

      Filename: views/_header.php

      Line Number: 48

      A PHP Error was encountered

      Severity: Warning

      Message: Invalid argument supplied for foreach()

      Filename: views/_header.php

      Line Number: 48


Perpres E-Government, Kesejahteraan Rakyat dan Eco-Efficiency

 Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo hendak memaksimalkan penggunaan   teknologi informasi dari hulu hingga hilir di Negara RI melalui Perpres E-government seperti e-planning, e-budgeting, e-procurement. Targetnya antara lain penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) semakin transparan dan mudah dipertanggungjawabkan serta mencegah korupsi. Hal ini disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo di depan pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI di Ruang Garuda Istana Kepresidenan Bogor, Selasa 5 Desember 2017 (Humas Setkab RI, 2017).

E-government merupakan proses penggunaan teknologi komunikasi dan informasi, khususnya Internet, sebagai sarana pelayanan warga masyarakat (kesehatan, pajak, pendidikan, sumber-sumber alam, administrasi negara, investasi, dan lain-lain), bisnis (e-commerce), pemerintah dengan pemerintah, dan pemerintah dengan para pegawai agar pemerintahan lebih efisien, transparan, dan akuntabel (OECD 2003: 23; United Nations 2008: 69). Riset empiris JS Ojo (2014) di Nigeria menemukan, e-government meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan masyarakat serta partisipasi Rakyat dalam pembangunan hingga level ‘grass-root’. 
Hasil riset empiris Dr. Satish Krishnan et al (2013) dari National University of Singapore juga menyimpulkan, e-government dapat mencegah dan mengurangi korupsi serta meningkatkan eco-efficiency yakni sehat-lestarinya sumber alam (natural capital) yang bernilai komersial dan non-komersial dalam pola hubungan berikut (Science Direct, 2013) 

Selama ini, banyak riset empiris menemukan bahwa e-government meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi pemerintahan dan pelayanan masyarakat, mengurangi biaya fiskal dan waktu (Bhatnagar 2003a; Ndou 2004: 1-2; Andersen 2009, Shim & Eom 2008; Kim et al. 2009) sehingga mengurangi dan mencegah korupsi (Von Haldenwang 2004: 427). Kini masyarakat membutuhkan pelayanan publik 24 jam per hari dan 7 hari per pekan dari pemerintah. E-government dapat memenuhi kebutuhan dan tren ini (Hodos 2014: 120).

(Staging-Point.com, 2017/12/07)


                                                   
 

Oleh Servas Pandur

Penerbit


Dollar AS vs Xi-Diplomacy

Perang dollar AS vs Xi-Diplomacy belum memicu ke arah resesi global (lihat grafik). Bagi Rakyat dan Pemerintah Negara RI, pilihannya ialah kemitraan atau kerjasama melahirkan tata tertib dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, keadilan serta ramah lingkungan. Ini amanat Pembukaan UUD 1945. Ini pula peluang dan tantangan bagi Negara RI yang kini menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB hingga tahun 2021. ... Baca selanjutnya

img

Jurnal

Berita