• LATEST
    • A PHP Error was encountered

      Severity: Notice

      Message: Undefined variable: latest

      Filename: views/_header.php

      Line Number: 48

      A PHP Error was encountered

      Severity: Warning

      Message: Invalid argument supplied for foreach()

      Filename: views/_header.php

      Line Number: 48


Candu HP Picu Ketidakseimbangan Otak

Remaja gunakan HP (RSNA, 2017)

      Hasil penelitian Pew Research Center, Amerika Serikat (AS), menemukan bahwa sekitar 46% warga AS sangat bergantung pada telepon genggam (HP) untuk mendapatkan berita, informasi, permainan, dan panggilan komunikasi HP. Akibatnya, timbul ketidakseimbangan dalam kimia otak anak muda yang candu HP dan Internet. Hasil riset ini dipaparkan pada pertemuan tahunan Radiological Society of North America (RSNA) 30 November 2017 di Chicago, Amerika Serikat (Radiological Society of North America, 2017).

      Hyung Suk Seo, M.D., profesor neuroradiologi asal Universitas Korea, Seoul, Korea Selatan, Eun-Kee Jeong, Ph.D., Sungwon Choi, Yunna Kwon, Hae-Jeong Park, dam  InSeong Kim menggunakan spektroskopi resonansi magnetik (MRS) untuk mengukur komposisi kimia otak 19 remaja pria dan perempuan yang candu HP dan Internet. Peneliti menggunakan tes kecanduan Internet dan HP yang mempengaruhi rutinitas sehari-hari, kehidupan masyarakat, produktivitas, pola tidur dan perasaan (Andrew Griffin/Independent, 30/11/2017).

      “Semakin tinggi skor, semakin parah kecanduannya,” papar Dr. Seo. Remaja candu HP dan Internet memiliki skor depresi, kegelisahan, insomnia, dan impulsivitas yang jauh lebih tinggi secara signifikan. Peneliti memeriksa MRS remaja candu HP dan Internet, sebelum dan sesudah terapi perilaku serta satu studi MRS pada pasien kontrol untuk mengukur kadar asam gamma aminobutyric (GABA), neurotransmiter di otak yang menghambat atau memperlambat sinyal otak dan glutamat-glutamine (Glx), neurotransmitter yang menyebabkan neuron menjadi lebih bergairah secara elektrik. Candu HP dapat mengubah kimia otak pelakunya (Sandee LaMotte, 2017; CNN, 2017/SP).

Oleh Servas Pandur

Penerbit


ECO-DEMOKRASI

Demokrasi yang terpimpin oleh hikmat kebijaksanaan dapat mengelola alam-alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa secara arif untuk kesejahteraan Rakyat dan sehat lestarinya ekosistem Negara, kecerdasan Bangsa, perlindungan segenap Bangsa dan seluruh tumpah darah dan ketertiban dunia berdasarkan keadilan, kemerdekaan, dan perdamaian. Rakyat tidak hanya berpartisipasi dalam Pemilu, tetapi juga berpartisipasi dalam antisipasi krisis dan tantangan masa datang. Dalam hal ini, upaya-upaya membangun Negara adalah setiap keputusan dan program kerja yang berkaitan dengan sesuatu yang benyawa yakni Rakyat, bumi, air, dan kekayaan alam. Maka sehat atau tidaknya suatu praktek demokrasi dapat diukur dari jejak-ekologisnya (ecological footprint) pada ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. ... Baca selanjutnya

img

Jurnal IPTEK

Berita