• LATEST
    • A PHP Error was encountered

      Severity: Notice

      Message: Undefined variable: latest

      Filename: views/_header.php

      Line Number: 48

      A PHP Error was encountered

      Severity: Warning

      Message: Invalid argument supplied for foreach()

      Filename: views/_header.php

      Line Number: 48


Olah Sampah Menjadi Harta Karun

(Argonne National Laboratory, 2017)

       Perdana Menteri (PM) Denmark Lars Løkke Rasmussen bertemu Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa siang 28 November 2017, antara lain membahas pelaksanaan kemitraan bilateral 2017-2020, seperti kerjasama bidang maritim, energi, khususnya konservasi energi, pengelolaan waste-energy (pengolahan limbah) dan  energi terbarukan (renewable energy), manajemen air, lingkungan hidup seperti Environment Sport Program. Denmark memiliki teknologi modern pengolahan sampah. Pemerintah RI sedang membangun proyek contoh waste-energy di kota Jakarta, Surabaya, Medan, Solo, Semarang, dan Bandung (Setkab RI, 28/11/2017).

       Teknologi pengolahan sampah di Negara RI dapat meniru tren di Amerika Serikat saat ini. Di Amerika Serikat, program mengelola “waste” menjadi “treasure” atau sampah menjadi harta-karun sedang giat dikampanyekan oleh Pemerintah dan masyarakat. Karena sampah organik dapat diolah menjadi sumber energi truk sampah, mobil, SUV, dan lain-lain serta menyehatkan lingkungan (Argonne National Laboratory, 2017).

       Hasil riset ahli sistem energi Uisung Lee dari Department of Energy (DOE) Argonne National Laboratory, Amerika Serikat (AS), misalnya, menemukan bahwa sampah organik seperti kertas, kayu, makanan, selain menghasilkan jutaan ton emisi metana, juga dapat diolah menjadi gas alam dan bahan bakar cair terbarukan seperti bensin dan solar. Hasil riset ini dirilis oleh jurnal Journal of Cleaner Production edisi akhir Agustus 2017. Limbah atau sampah diolah menjadi energi dan emisi metana dan polutan udara berbahaya lainnya dapat dicegah.

       "By using waste to produce energy, we can avoid emissions from landfills and potentially reduce the need for additional landfills across the country," papar Lee. Tahun 2014, tim Lee mengangkut sekitar 32 juta metrik ton sampah makanan ke tempat sampah. Sampah itu kini diolah menjadi harta-karun yang menyehatkan lingkungan dan menghasilkan energi (Argonne National Laboratory, 2017/SP).

 

Oleh Servas Pandur

Penerbit


ECO-DEMOKRASI

Demokrasi yang terpimpin oleh hikmat kebijaksanaan dapat mengelola alam-alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa secara arif untuk kesejahteraan Rakyat dan sehat lestarinya ekosistem Negara, kecerdasan Bangsa, perlindungan segenap Bangsa dan seluruh tumpah darah dan ketertiban dunia berdasarkan keadilan, kemerdekaan, dan perdamaian. Rakyat tidak hanya berpartisipasi dalam Pemilu, tetapi juga berpartisipasi dalam antisipasi krisis dan tantangan masa datang. Dalam hal ini, upaya-upaya membangun Negara adalah setiap keputusan dan program kerja yang berkaitan dengan sesuatu yang benyawa yakni Rakyat, bumi, air, dan kekayaan alam. Maka sehat atau tidaknya suatu praktek demokrasi dapat diukur dari jejak-ekologisnya (ecological footprint) pada ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. ... Baca selanjutnya

img

Jurnal IPTEK

Berita