• LATEST
    • A PHP Error was encountered

      Severity: Notice

      Message: Undefined variable: latest

      Filename: views/_header.php

      Line Number: 48

      A PHP Error was encountered

      Severity: Warning

      Message: Invalid argument supplied for foreach()

      Filename: views/_header.php

      Line Number: 48


Penemuan ‘Toolbox’ Keamanan Siber Quantum

       Asisten Profesor Charles Lim dari National University of Singapore (NUS) berhasil mengembangkan ‘alat-kotak’ (‘toolboxes’) berupa sarana dan protokol teoretis guna mengukur keamanan komunikasi quantum berkecepatan tinggi. Charles Lim termasuk anggota tim ahli ekpserimen dan teori pada Duke University, Ohio University dan Oak Ridge National Laboratory, Amerika Serikat. Tim ahli ini mampu memecahkan teka-teki komunikasi aman kuantum tingkat tinggi. Penemuan ini dirilis oleh jurnal Science Advances edisi 24 November 2017.

       Akhir-akhir ini, komputer-komputer quantum mampu menembus teknologi enkripsi hanya dalam beberapa menit. Jika berhasil, komputer-komputer ini dapat mendekripsi setiap rahasia dagang berbagai organisasi, komunikasi rahasia, dan data sensitif dari jarak jauh. Teknologi distribusi kunci quantum (Quantum key distribution / QKD) mampu menghasilkan kunci-kunci rahasia antara para pihak dalam suatu jaringan kerja. Tidak seperti teknik enkrip umumnya, keamanan QKD secara matematis, sulit ditembus karena berbasis hukum alam. Sehingga pesan dan data enkripsi yang menggunakan kunci-kunci QKD, sangat aman terhadap setiap serangan siber (NUS, 2017; Science Newsline Technology, 8/12/2017)

       Namun, sistem QKD hanya mampu mengirim 10 ribu sampai 100 ribu bit rahasia per detik sesuai dengan pilihan basis informasi quantum. Banyak sistem QKD masih menggunakan basis informasi dimensi-rendah seperti basis polarisasi untuk mengkode informasi quantum. Hasil riset tim Lim mengembangkan sistem QKD berbasis waktu dan fase sehingga lebih banyak bit rahasia dikemas dalam satu foton tunggal. Tim ini menemukan dua bit rahasia dalam satu foton tunggal dengan rata-rata kunci rahasia sekitar 26,2 megabit per detik (NUS, 2017; Science Newsline Technology/SP).

 

Oleh: Servas Pandur

Penerbit


Anticipatory Democracy & Pemilu Tahun 2019

Risiko bencana skala nasional dan global kini seakan tidak peduli dengan perang dagang antara Amerika Serikat (AS) vs Tiongkok (Chris. Rugabuer/AP, 29/10/2018) dan pembunuhan Jamal Khashoggi, kolumnis Washington Post, saat penjualan senjata AS ke Arab Saudi senilai 110 miliar dollar AS yang mencipta 500.000 ribu lapangan kerja di AS (Reuters, 30/1/2018). Tragedi dan ancaman bencana alam seakan tidak peduli dengan pertumbuhan ekonomi RI kuartal ke-2 tahun 2018 mencapai 5,27% per tahun (Reuters, 6/8/2018) atau lonjakan ekspor minyak sawit dari Negara RI sebesar 4,25 juta ton pada September dari 4,01 juta ton pada Agustus 2018 (Bernadette Christina Munthe/Reuters 19/10.2018). Begitu pula inflasi Negara RI sekitar 2,88% pada Juni 2018 dan 3,23% pada Mei 2018 (Reuters, 29/6/2018) dan defisit perdagangan RI menurun karena ekspor bat ubara September 2018 (Reuters, 12/10/2018). ... Baca selanjutnya

img

Jurnal

Berita