• LATEST
    • A PHP Error was encountered

      Severity: Notice

      Message: Undefined variable: latest

      Filename: views/_header.php

      Line Number: 48

      A PHP Error was encountered

      Severity: Warning

      Message: Invalid argument supplied for foreach()

      Filename: views/_header.php

      Line Number: 48


Persiapkan SDM RI Bidang Politeknik, Mesin dan Robot

Dr. Priyadi Kardono M.Sc (Hayu Travelling, 2016)

        Presiden RI Joko Widodo menyatakan bonus demografi ibarat pedang bermata dua yakni berkah atau masalah bagi Negara RI. “Bisa jadi masalah, jika tidak disiapkan kualitas SDM-nya. Ada kesempatan kerja, tapi tidak bisa masuk sehingga nganggur. Kalau 1-2 orang tidak masalah, kalau banyak jadi masalah besar,” papar Presiden RI Joko Widodo di hadapan sekitar 1.600 kader penggerak PKK pada acara Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 dan Jambore Nasional Kader PKK 2017 Senin malam 2 Oktober 2017 di Hotel Mercure Ancol, Jakarta (Setkab RI, 2/10/2017).

       Menurut Dr. Priyadi Kardono, lulusan S3 Geology & Geography, University of Andrews, Scotland, Inggris, bahwa inti persiapan SDM berkualitas bagi Negara RI sejak awal abad 21 ialah pendidikan SDM berbasis keahlian dan ketrampilan teknologi, mesin hingga robot.

"Inti persiapan SDM adalah  pendidikan. Tentu tidak semua SDM, kita siapkan menjadi sarjana. Kalau tak bisa menjadi sarjana, SDM disiapkan keterampilan dengan kegiatan vokasi, pendidikan D3, termasuk politeknik. Atau ada juga SDM diperoleh dari balai latihan kerja. Lebih baik lagi, SDM disiapkan bukan cuma pelatihan mesinnya saja, tetapi juga keterampilan robotiknya. Karena keterampilan ini yang lebih kekinian,” papar Dr. Priyadi Kardono kepada Staging-Point.com, Kamis (23/11/2017) di ruang kerjanya di Badan informasi Geospasial, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

        Perencanaan pendidikan SDM Negara RI awal abad 21, menurut Dr. Priyadi Kardono, harus pula melibatkan ahli-ahli pendidikan, dan harus dilihat bagaimana komparasi dan posisi SDM Negara RI dibandingkan dengan kemampuan dan kompetensi bangsa-bangsa lain. Jumlah usia angkatan kerja (15-64 tahun) Negara RI tahun 2020-2030 bakal mencapai 70%. Sisanya 30% adalah penduduk tidak produktif (di bawah 15 tahun dan di atas 65 tahun). Hingga tahun 2017, penduduk usia produktif Negara RI berkisar 180 juta, sementara non-produktif hanya 60 juta.

Oleh Eko Budi Raharta

Penerbit


Dollar AS vs Xi-Diplomacy

Perang dollar AS vs Xi-Diplomacy belum memicu ke arah resesi global (lihat grafik). Bagi Rakyat dan Pemerintah Negara RI, pilihannya ialah kemitraan atau kerjasama melahirkan tata tertib dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, keadilan serta ramah lingkungan. Ini amanat Pembukaan UUD 1945. Ini pula peluang dan tantangan bagi Negara RI yang kini menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB hingga tahun 2021. ... Baca selanjutnya

img

Jurnal

Berita