• LATEST
    • A PHP Error was encountered

      Severity: Notice

      Message: Undefined variable: latest

      Filename: views/_header.php

      Line Number: 48

      A PHP Error was encountered

      Severity: Warning

      Message: Invalid argument supplied for foreach()

      Filename: views/_header.php

      Line Number: 48


Apakah Tubuh Sedang Melawan Virus?

Uji-coba mengukur RNA (Ribonucleic acid) atau molekul-molekul protein dalam sel-sel tubuh manusia dapat mengenali secara tepat infeksi virus penyebab gejala-gejala pernafasan. Dengan satu penyeka hidung sederhana, uji-coba ini dilakukan oleh ahli di Yale University, Amerika Serikat. Cara ini murah dan cepat mendiagnosa sakit akibat infeksi virus pada pernafasan (Yale University, 2017).

Ellen Foxman, M.D., asisten profesor lab obat di Yale School of Medicine, dan Marie Landry, M.D., di Yale University, Amerika Serikat, mula-mula menguji sel-sel hidung manusia di lab untuk mengenali  biomarker—substansi yang dapat diukur dalam organisme sebagai petunjuk sejumlah gejala seperti infeksi, penyakit, atau eksposur lingkungan—atau indikator-indikator infeksi virus pernafasan. Dengan teknik pengurutan, kedua ahli menyaring sel-selnya untuk mengetahui RNA dan protein yang miningkat, jika ada virus (Science Newsline, 21/12/2017).

Para peneliti itu mengidentifikasi tiga RNA dan dua protein yang muncul karena adanya virus. Para ahli itu meneliti seberapa jauh pengukuran ekspresi gen-gen itu atau level proteinnya dapat memandu ada atau tidak ada infeksi virus. Hasilnya, RNA dan protein itu merupakan prediktor sangat tepat infeksi virus pernafasan. Hasil ini diperkuat oleh pengujian berikutnya terhadap virus-virus umumnya. RNA memprediksi infeksi virus dengan tingkat ketepatan 97%. Metode ini juga mengenali virus-virus yang tidak terlacak oleh banyak uji-lab selama ini. Tes ini berguna untuk menilai pasien sakit dan bocah-bocah serta mengurangi peluang penyalahgunaan antibiotik dalam pengobatan infeksi virus (Infection Control Today, 2017).

“Instead of looking for individual viruses, our test asks the question: 'Is the body fighting a virus? We found, we can answer that question very well. It's a simpler test and more cost-effective for looking at viral infection. One reason to test is to know why the patient is sick. The other reason is to make a decision about whether people who are not that sick should get antibiotics,” papar Foxman (The Journal of Infectious Diseases, 2017). Riset ini didukung oleh National Institutes of Health dan Biomedical Advanced Research and Development Authority, Yale Department of Laboratory Medicine.  

Oleh Servas Pandur

Penerbit


ECO-DEMOKRASI

Demokrasi yang terpimpin oleh hikmat kebijaksanaan dapat mengelola alam-alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa secara arif untuk kesejahteraan Rakyat dan sehat lestarinya ekosistem Negara, kecerdasan Bangsa, perlindungan segenap Bangsa dan seluruh tumpah darah dan ketertiban dunia berdasarkan keadilan, kemerdekaan, dan perdamaian. Rakyat tidak hanya berpartisipasi dalam Pemilu, tetapi juga berpartisipasi dalam antisipasi krisis dan tantangan masa datang. Dalam hal ini, upaya-upaya membangun Negara adalah setiap keputusan dan program kerja yang berkaitan dengan sesuatu yang benyawa yakni Rakyat, bumi, air, dan kekayaan alam. Maka sehat atau tidaknya suatu praktek demokrasi dapat diukur dari jejak-ekologisnya (ecological footprint) pada ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. ... Baca selanjutnya

img

Jurnal IPTEK

Berita